Profil Yayasan Pondok Darul Islah

PROFIL YAYASAN
PONDOK PESANTREN
DARUL ISHLAH














UNIT PENDIDIKAN:
NON FORMAL         : MADIN ULA, WUSTHO, ULYA, TAHFIDZUI QUR’AN,
                                            MUSAWIRIN, KAJIAN KUTUBUS SALAF.
          FORMAL                  : PAUD DI, TK DI, SD AL QUR’AN DI, SMP PLUS DI,
                                            MA DARUL ISHLAH, SMK HADI.

Telp : 081 272 664 66 / 085 258 384 689

YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUL ISHLAH
KAMPUNG PURWAJAYA KECAMATAN BANJAR MARGO
KABUPATEN TULANG BAWANG
PROPINSI LAMPUNG




BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah.
Pondok Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang mempunyai andil besar dalam mengantarkan kemerdekaan Indonesia memiliki system dan ciri khas tersendiri. Keberadaan Pondok Pesantren selain menjadi pusat kajian  ilmu-ilmu agama  Islam, pusat da’wah tentang aqidah umat pelopor pengenalan kemerdekaan pengawal budaya bangsa serta penggerak ekonomi kerakyatan.
Sesungguhnya perjuangan para ulama khususnya para Kyai-kyai pengasuh pondok pesantren selain mengemban tanggung jawab kepeminpinan di lingkungan pondok pesantren yang diasuh pada sisi lain para Kyai dituntut untuk tetap menegakkan  fungsi keulamaanya  dengan berupaya membina, mengasuh dan membimbing umat Islam dan masyarakat secara terus menerus, Karena itu keberadaan dinamika kehidupan sebuah pondok pesantren pada umumnya akan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan dan kemampuan yang dimiliki para pengasuh pesantren.

B. Visi dan Misi Yayasan PP. Darul Ishlah.
VISI “ Mencetak Generasi Berintelektual Tinggi Dan Berahlaqul Karimah”.
Indikator
  • Meningkatnya pengembangan kurikulum pesantren.
  • Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Meningkatnya proses pembelajaran pesantren
  • Terwujudnya rencana induk pengembangan sarana prasarana pendidikan
  • Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik maupun non akademik
  • Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis pesantren dan peningkatan mutu kelembagaan.
  • Terjalinnya program penggalangan pembiayaan pesantren.
  • Unggul dalam Imtaq, prestasi akademik, non akademik.
MISI
  1. Melaksanakan pengembangan kurikulum pesantren :
    • Melaksanakan pengembangan kurikulum pesantren satuan pendidikan
    • Melaksankan pengembangan pemetaan kompetensi dasar semua mata pelajaran pesantren.
    • Melaksanakan pengembangan silabus.
    • Melaksanakan pengembangan rencana pembelajaran pesantren.
    • Melaksanakan pengembangan system penilaian.
  2. Melaksanakan Pengembangan Tenaga Kependidikan.
    • Melaksanakan pengembangan profesionalitas dewan Asatidz.
    • Melaksanakan peningkatan kompetensi dewan Asatidz
    • Melaksanakan peningkatan kompetensi TU dan tenaga kependidikan lainnya.
    • Melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada dewan Asatidz, TU dan tenaga kependidikan lainnya.
  3. Melaksanakan Pengembangan Proses pembelajaran pesantren.
    • Melaksanakan pengembangan metode pengajaran pesantren.
    • Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran pesantren
    • Melaksanakan pengembangan strategi penilaian.
    • Melaksanakan pengembangan bahan ajar/sumber pembelajaran pesantren.
  4. Melaksanakan Rencana Induk Pengembangan Fasilitas Pendidikan
    • Mengadakan media pembelajaran pesantren
    • Mengadakan sarana prasarana Pendidikan  pesantren.
    • Menata lingkungan belajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif.
  5. Melaksanakan Pengembangan/Peningkatan Standar Ketuntasan dan Kelulusan.
  6. Melaksanakan Pengembangan Kelembagaan dan Manajemen Pesantren.
    • Mengadakan kelengkapan administrasi pesantren melalui system administrasi pesantren terpadu.
    • Melaksanakan monitoring dan evaluasi.
    • Melaksanakan supervise klinis.
  7. Melaksanakan Program Penggalangan Pembiayaan Pesantren
    • Melaksanakan Pengembangan Jalinan Pinjaman Dana
    • Melaksanakan Usaha Peningkatan Penghasilan Pesantren
    • Pendayagunaan Potensi Pesantren (Lingkungan )
  8. Melaksanakan Pengembangan Penilaian
    • Melaksanakan engembangan Perangkat/ Model-Model Pembelajaran pesantren
    • Melaksanakan program evaluasi pembelajaran pesantren
    • Menyiapkan siswa melalui kegiatan pengembangan bidang akademis, non akademis dan imtaq.
    • Mengikuti kegiatan lomba akademis dan non akademis dan keagamaan.
Ketua / Pengasuh Yayasan
Pondok Pesantren Darul Ishlah
                   


                                                  KH. SHODIQUL AMIN


PROFIL
YAYASAN PON. PES. DARUL ISHLAH

Nama Pon. Pes.                         : Yayasan "Darul Ishlah"
Pendiri / pengasuh                    : KH. Shodiqul Amin
Alamat                                          :
      Kampung                              : Purwajaya Unit I
      Kecamatan                            : Banjar Margo
      Kabupaten                            : Tulang Bawang
      Propinsi                                 : Lampung
No. Telp/Hp                                 : 081 272 66466 / 085 258 384 689
No. Rek.                                       : BRI Britama 0605-01-015734-50-9
                                                              A/n : Yayasan Darul Ishlah Banjar Margo
Tahun Berdiri                             : 2003
Keadaan Akhir                           : Maret 2015
Jumlah Santri Menetap            : 297 Orang
Laki-laki                                       : 115 Orang
Perempuan                                 : 182 Orang


A. ANAK BINAAN
  1. SITUASI SANTRI
1) Jumlah Santri lama / alumni     : 389 Santri
2) Penerimaan Santri Baru            2014  : 83 Anak
3) Penyaluran                                  : Masyarakat
4) Jumlah seluruh Santri               :  165  Anak
  1. PENDIDIKAN  PESANTREN
1) Belum Pesantren                                    : 2 Anak
2) Pesantren TK                               : 63 Anak
3) Pesantren  Dasar                                    : 8 Anak
4) Pesantren SMP                           : 137 Anak
5) Pesantren MA & SMK                : 90 Anak
6) Perdewan Asatidzan tinggi       : 5 Anak
7) Tidak Pesantren                          : 12 Anak
  1. SANTRI LUAR PESANTREN
a. Kursus Menjahit                          : 15 Anak
b. Kursus Komputer                                    : 34 Anak
c. Kursus Bengkel                           : 2 Anak

B.  KEADAAN PONDOK PESANTREN DARUL ISHLAH

Pondok Pesantren DARUL ISHLAH berada di kawasan strategis, yaitu tepatnya di sebelah timur pasar raya Unit II dari Kota Kabupaten Tulang Bawang + 15 Km dan + 285 Km dari Kota Propinsi Lampung. Keadaan lokasi daerah tanahnya subur dan di sebelah barat dibatasi oleh jalan raya pedesaan, sebelah selatan merupakan tanah penduduk, di sebelah timur daerah perkebunan dan di sebelah utara perumahan penduduk. Luas areal Pondok Pesantren DARUL ISHLAH +  2 Ha. Adapun keadaan fisik bangunan meliputi :

1.    1 Masjid  DARUL ISHLAH.
2.    1 Lab. IPA
3.    1 Kantor Lab. IPA
4.    1 Aula Putri
5.    7  Kamar Asrama Putri.
6.    6 Kamar Asrama Putra.
7.    2 Dapur umum
8.    1 Kantin / Koperasi
9.    1 Kantor pesantren putra
10.  1 Kantor pesantren putri
11.  1 Ruang pengiriman putri
12.  6 Kamar mandi / wc putri
13.  4 Kamar mandi / wc putra
14.  1 Kantor yayasan
15.  1 Kantor MA DI
16.  1 Kantor SMP Plus DI
17.  1 Kantor Paud/TK DI
18.  1 Kantor Madrasah Diniyah DI
19.  3 Ruang kelas MA DI / SD Al Qur’an DI
20.  3 Ruang kelas SMP Plus DI
21.  3 Ruang kelas Paud/TK DI
22.  6 Ruang kelas Madrasah Diniyah DI
23. 1 Musolla Putri Pesantren
24. 3 Lokal SMK HADI
25.  Dan Lain-lain.

C. DAERAH ASAL SANTRI
Adapun santri pondok pesantren DARUL ISHLAH mayoritas berasal dari dalam dan kabupaten sekitar, tetapi tidak sedikit pula yang dari luar propinsi.
D. PENDIDIKAN YANG DIKELOLA PONDOK PESANTREN DARUL ISHLAH
Dalam pengelolaan pendidikan yang ada di pondok pesantren DARUL ISHLAH itu dengan berpegang pada sebuah maqolah   ”AL MUHAFADLOTU BIL QODIMISSHOLAH WAL AKHDZU BIL JADIDIL ASHLAH (Menjaga perkara lama yang baik dan mengambil perkara baru yang lebih baik)“, maka pondok pesantren DARUL ISHLAH menyelenggarakan pendidikan antara lain :
I. Pendidikan Formal :
1.1.    Berafiliasi lokal (Kurukulum Pesantren) tediri dari :
1.1.1.   Madrasah Diniyyah Darul IshlahTingkat Shifir (Setingkat TK);
1.1.2.   Madrasah Diniyyah Darul IshlahTingkat Ula (Setingkat SD);
1.1.3.   Madrasah Diniyyah Darul IshlahTingkat Wustho (Setingkat SLTP);
1.1.4.   Madrasah Diniyyah Darul IshlahTingkat Ulya (Setingkat SLTA).
1.1.5.   Tingkat Musyawirin / Mutkhorijin
1.2.   Berafiliasi Departemen Agama tediri dari :
1.2.1.   Madrasah Aliyah Darul Ishlah(MA –DI)
1.2.2.   Madrasah Diniyyah Darul Ishlah
1.2.3.   Pondok Pesantren Darul Ishlah
1.3. Berafiliasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tediri dari :
1.3.1.   Pendidikan Usia Dini DARUL ISHLAH (PAUD DARUL ISHLAH)
1.3.2.   Taman Kanak – Kanak DARUL ISHLAH (TK DARUL ISHLAH)
1.3.3.   Sekolah Dasar DARUL ISHLAH (SD Al Qur’an DARUL ISHLAH)
1.3.4.   Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP Plus DARUL ISHLAH)
1.3.5.   Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMK Hasyim As’ari Darul Ishlah)

II. Pendidikan Non Formal :
Meliputi :
1.    Pengajian Sorogan/tahasus;
2.    Pengajian Bandongan;
3.    Pengajian Mingguan;
4.    Pengajian Kitab Kuning klasikal (sorogan dan wetonan);
5.    Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri DARUL ISHLAH;
6.    TPQ DARUL ISHLAH;
7.    Bahtsul Masail;
8.    Majlis Bimbingan Al-Qur’an Daru Ishlah (MBAD);
9.    Liwa’ul muridin (Majlis Sholawat dan Rebana)
10. Maziyatul Fata ( Bimbingan retorika da’wah santri Darul Ishlah)
11. Dzikir Manaqib wali santri, Alumni dan masyarakat setiap Ahad Wage

III. Pendidikan Extra Kulikuler :
1.    Kursus-Mengursus meliputi :
- Komputer                                  - Retorika Da’wah
- Seni Baca Al-Qur’an               - Management
- Manasik Haji                             - Administrasi
- Tata Busana                             - Dekorasi
- Kaligrafi                                     - Jurnalistik
- Dan lain-lain
2.    Ketrampilan  meliputi :
- Jahit Menjahit                                       - Pertukangan/Ukir
- Tata Tanaman                                      - Perbengkelan
- Elektronika                                            - Sulam Menyulam
- Merangkai Bunga                                - Sablon
- Penjilidan                                              - Dan lain-lain
3.    Olahraga dan Kesenian meliputi :
- Sepak Bola                                           - Volly Ball
- Tenis Meja                                            - Bulu Tangkis
- Samroh/Qosidah                               - Rebana
- Drama                                                    - Dan lain-lain
Disamping Pondok Pesantren DARUL ISHLAH ini mempunyai beberapa unit pendidikan, guna meningkatkan dan menyempurnakan pendidikan yang ada serta adanya tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman, maka Pondok Pesantren DARUL ISHLAH akan bertekat mendirikan Sekolah Tinggi setingkat perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam DARUL ISHLAH .

Dalam kegiatan-kegiatan Organisasi Daerah dan Santri ini ada yang dilaksanakan di dalam kampus pondok persantren dan ada yang dilaksanakan di luar kampus pondok pesantren.
Kegiatan-kegiatannya meliputi :
-          Kursus Mengursus
-          Ketrampilan
-          Memperingati Hari-hari Besar Islam seperti : Maulid Nabi, Isro’ Mi’roj Tahun Baru Islam
-          Shilaturrohmi / Halal Bi Halal antara Santri, Alumni dan Pengasuh

E.   JADWAL  AKTIVITAS HARIAN SANTRI

NO
WAKTU
JENIS KEGIATAN
01
Pkl. 05.00 WIS
Jama’ah Sholat Shubuh
02
Pkl. 05.30 WIS
Mengaji Bandongan dan Sorogan  Al-Qur’an
03
Pkl. 06.30 WIS
Mengaji Kitab Ihya Ulumiddin
04
Pkl. 08.00 Wis
Sekolah Umum
Sorogan Kitab Kuning
Musyawaroh/Kursus
05
Pkl. 12.45 WIS
Jama’ah Sholat Dhuhur
06
Pkl. 13.30 WIS
Sekolah Madrasah Diniyyah
07
Pkl. 16.00 WIS
Jama’ah Sholat ‘Asyar
08

Pkl. 16.30 WIS
Mengaji Kitab Ihya Ulumiddin dan kegiatan ubudiyyah bagi siswa kelas III Ula Kebawah
09
Pkl. 18.00 WIS
Jama’ah Sholat Maghrib
10
Pkl. 18.30 WIS
Pengajian Kitab Tafsir Jalalain
Sorogan Kitab Kuning bagi siswa kelas III Ula ke bawah  di Asrama masing- masing
11
Pkl. 20.00 WIS
Jama’ah Sholat ‘Isya
12
Pkl 20.30 WIS
Takror Madrasah Diniyyah
13
Pkl. 22.00 WIS
Pengajian Bandongan Kitab Kuning
Musyawaroh / Pendalaman Kitab Kuning
14
Pkl. 24.00 WIS
Sholat Malam / Istighosah
15
Pkl. 00.30 WIS
Istirahat / Tidur

F. JUMLAH SANTRI DAN SISWA

NO
UNIT PENDIDIKAN
JENIS KELAMIN
JUMLAH
KETERANGAN
P
L
01
02
03
04
05
06
07
08
Madrasah Diniyyah
TPA Darul Ishlah
PAUD Darul Ishlah
TK Darul Ishlah
SD - A Darul Ishlah
SMP Plus Darul Ishlah
MA Darul Ishlah
SMK HADI
98
50
12
42
35
74
32
20
88
30
13
28
25
48
26
10
186
80
25
70
60
137
58
30


JUMLAH






G.  JUMLAH DEWAN ASATIDZ, GURU, DAN KARYAWAN.

NO
UNIT PENDIDIKAN
JENIS KELAMIN
TENAGA ADMINISTRASI
JUMLAH
L
P
01
Pengasuh Pesantren
2
2
-
4
02
Ustadz Pondok putra
12
-
2
14
03
Ustadz Pondok putri
-
12
2
14
04
Madrasah Diniyyah
16
12
2
30
05
TK DARUL ISHLAH
-
3
2
5
06
SD IUT  DARUL ISHLAH
3
6
1
10
06
SMP DARUL ISHLAH
8
9
1
18
07
MA DARUL ISHLAH
7
6
1
14
08
SMK HADI
7
6
1
14
JUMLAH
55
56
12
115


H.   PROGRAM KERJA YAYASAN
a)    Jangka Pendek
1)    Mengadakan kegiatan produktif bagi penghuni pesantren  (membuka Peluang Usaha)
2)    Meningkatkan Hubungan Silaturrahim dengan pemerintah dan masyarakat.
3)    Menyadarkan  kehidupan bersosialisasi melalui petemuan rutin dikalangan masyarakat.
4)    Mengadakan pendekatan perorangan untuk memahamkan terhadap kepentingan jiwa social dan Agama.
5)    Bekerjasama dengan pihak yang memberikan kontribusi fisik dan non fisik untuk kelanjutan Pesantren
6)    Menggali sumber ekonomi.

b)   Jangka Menengah
1)    Membuka Pendidikan  pesantren SD, pembangunan Asrama Hafidz Al qur’an.
2)    Membuat perpustakaan.
3)    Meningkatkan Kinerja Yayasan.
4)    Meningkatkan kesejahteraan santri dan pendewan Asatidzs.
5)    Koordinasi dengan pihak yang diperlukan.

c)    Jangka Panjang
1)    Mengembangkan sarana Pendidikan  pesantren Formil.
2)    Mengadakan perluasan tanah yayasan untuk pengembangan.
3)    Membuka Cabang-cabang.
4)    Meningkatkan, mengembangkan dan memperluas sumber Ekonomi.
5)    Menambah fasilitas pembelajaran pesantren (laboratorium bahasa Arab, Inggris dan computer).
6)    Kaderisasi dalam segala bidang.
7)    Mendirikan perguruan tinggi Islam.


PENGURUS YAYASAN  DARUL ISHLAH

  Ketua Yayasan                                                             Sekretaris




KH. Shodiqul Amin                                                M. Thohir Muntaha, S.Pd, M.Pd.I
STRUKTUR PENGURUS YAYASAN DARUL ISHLAH
KAMPUNG PURWAJAYA
KEC. BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG



  1. PELINDUNG
1.    MUSPIKA Kec. Banjar Margo
2.    KUA Kec. Banjar Margo
3.    Kepala Kampung Purwajaya

  1. PENASEHAT
H.M.Untung Subagyo

  1. PEMBINA
1.    KH. Nur Wahid
2.    Hi. Ma’mun Hidayat

  1. DEWAN PENDEWAN ASATIDZS HARIAN
1.    Ketua Yayasan              : KH. Shodiqul Amin
2.    Sekretaris                        : M.Thohir Muntaha,S.Pd,M.Pd.I
3.    Bendahara                      : Ny. Siti Qomariah

  1. KEPALA BAGIAN

1.    Kabag Pon.Pes                                      : Bp. M. Thohir Muntaha,S.Pd,M.Pd.I
2.    Kabag Pembangunan                          : Bp. Subandi
3.    Kabag Pendidikan                                 : Bp. Tamyiz, S.Pd
4.    Lurah Pondok                                        : Bp. Lukman Hakim
5.    Keamanan                                              : Bp. Eva Junaidi
6.    Kesehatan                                              : Bp. Fauzi Misbahul Munir
7.    Kabag Kopontren                                  : Ibu Leni, A.Md
8.    Humas                                                     : Bp. Suwanto
9.    Tata Usaha                                             : Abdur Rohman









Ketua Yayasan PPDI





KH. SHODIQUL AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar